Minggu, 29 April 2012

ANALISIS PENGGUNAAN EJAAN YANG DISEMPURNAKAN PADA SKRIPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA

ANALISIS PENGGUNAAN EJAAN YANG DISEMPURNAKAN PADA SKRIPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
(Tugas Makalah Mata Kuliah Bahasa Indonesia)


Oleh:
Rika Anggraini
1113022049

PENDIDIKAN FISIKA
PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG
BANDAR LAMPUNG
2011



KATA PENGANTAR

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya kami dapat menyusun makalah yang berjudul “Analisis Penggunaan Ejaan yang Disempurnakan pada Skripsi Mahasiswa Pendidikan Fisika” ini dan menyelesaikan tepat pada waktu yang telah ditentukan.
Saya berharap agar makalah ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa khususnya dan pembaca pada umumnya, sebagai salah satu sumber pengetahuan dan bahan pembelajaran tentang Ejaan yan Disempurnakan.
Dalam hal ini saya selaku penyusun menyadari masih banyak kekurangan dan kekeliruan dalam penyusunan makalah ini, untuk itu saya meminta maaf atas segala keterbatasan waktu dan kemampuan saya dalam menyelesaikan makalah ini. Segala kritik dan saran yang membangun senantiasa saya harapkan demi peningkatan kualitas makalah ini.


                                                                                    Bandarlampung, 07 Desember 2011


                                                                        Penulis


DAFTAR ISI


Halaman judul ...................................................................................................................i
Kata Pengantar ..................................................................................................................ii
Daftar Isi .............................................................................................................................iii
BAB I Pendahuluan
1.1.Latar Belakang ......................................................................................................1
1.2.Tujuan ....................................................................................................................1
 BAB II  Pembahasan
2.1. Analisis pada pendahuluan ...........................................................................2
2.2.Analisis pada kerangka teoritis .....................................................................3
2.3.Analisis pada Metode Penelitian ...................................................................4
2.4.Analisis pada Hasil Penelitian dan Pembahasan .........................................5
2.5.Analisis pada Simpulan dan Saran ...............................................................5
2.6.Analisis pada Daftar Tabel ............................................................................5
2.7.Analisis pada Sanwacana ...............................................................................5
 BAB III Penutup
3.1.  Kesimpulan ....................................................................................................
3.2. Saran ...............................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA





BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Bahasa Indonesia telah mengalami beberapa perkembangan. Terutama pada ejaan yang digunakan. Bahasa Indonesia mengalami penyempurnaan ejaan melalui beberapa tahap. Diantaranya yaitu ejaan Van Ophuijsen, ejaan republik, ejaan melindo dan yang terakhir adalah ejaan yang disempurnakan.
Ejaan adalah sebuah ilmu yang mempelajari bagaimana ucapan atau apa yang dilisankan oleh seseorang ditulis dengan perantara lambang-lambang atau gambar-gambar bunyi. Ejaan sangat diperlukan untuk panduan penulisan bahasa yang baik dan benar. Dalam penggunaan EYD, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan, yaitu ejaan dalam peristilahan, penyesuaian ejaan, tanda baca, pemenggalan kata, penulisan huruf kapital dan huruf miring, serta penulisan kata.
Oleh karena itu, makalah ini diperlukan untuk lebih detail menganalisis tentang penggunaan EYD pada skripsi mahasiswa.

B.                 Tujuan

Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini antara lain adalah :
1.                  Meningkatkan pengetahuan tentang Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan (EYD).
2.                  Mengetahui bagaimana aturan penggunaan EYD yang baik dan benar.
3.                  Memenuhi tugas mata kuliah bahasa Indonesia.






BAB II
PEMBAHASAN

Dari skripsi yang disusun oleh Joko nugroho pada tahun 2010 terdapat kesalahan dalam penggunaan EYD yang telah saya analisis, terdapat beberapa kalimat yang kurang tepat dan perlu diperbaiki. Kesalahan-kesalahan itu antara lain berupa pemakaian tanda baca yang kurang tepat, penggunaan kata yang tidak baku, penulisan huruf kapital yang tidak tepat, dan kalimat yang tidak efektif. Dalam skripsi yang disusun oleh Joko nugroho pada tahun 2010 terdapat kesalahan dalam penggunaan EYD, antara lain :
2.1. Analisis pada pendahuluan
a.       Pada halaman 1 latar belakang
 Kesalahan : Fisika adalah ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan penemuan dan pemahaman mendasar hukum-hukum yang menggerakkan materi, energi, ruang dan waktu.
Pembenaran : Fisika adalah ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan penemuan dan pemahaman mendasar hukum-hukum yang menggerakkan materi, energi, ruang, dan waktu.

b.      Pada halaman 2 latar belakang
Kesalahan : Kenyataan  tersebut, pada akhirnya  membawa dampak kepada suasana belajar yang tidak menyenangkan bagi siswa, siswa merasa bosan pada materi yang diberikan guru.
Pembenaran : Kenyataan  tersebut pada akhirnya  membawa dampak kepada suasana belajar yang tidak menyenangkan bagi siswa, siswa merasa bosan pada materi yang diberikan guru.

c.       Pada halaman 2 pendahuluan
Kesalahan : Kenyataan  tersebut, pada akhirnya  membawa dampak kepada suasana belajar yang tidak menyenangkan bagi siswa, siswa merasa bosan pada materi yang diberikan guru.
Pembenaran : Kenyataan  tersebut pada akhirnya  membawa dampak kepada suasana belajar yang tidak menyenangkan bagi siswa, siswa merasa bosan pada materi yang diberikan guru.

d.      Kesalahan pada halaman 3 pada latar belakang :
Kesalahan : Dalam praktikum hands on akan terbentuk suatu penghayatan dan pengalaman untuk menetapkan suatu pengertian karena mampu membelajarkan secara bersama-sama kemampuan psikomotorik, kognitif dan afektif yang biasanya menggunakan sarana laboratorium dan atau sejenisnya. 
Pembenaran : Dalam praktikum hands on akan terbentuk suatu penghayatan dan pengalaman untuk menetapkan suatu pengertian karena mampu membelajarkan secara bersama-sama kemampuan psikomotorik, kognitif, dan afektif yang biasanya menggunakan sarana laboratorium dan atau sejenisnya.

2.2.Analisis pada kerangka teoritis
a.       Kesalahan : Menurut Sucipto (  2009) ” Metode praktek merupakan metode mengajar dimana siswa melaksanakan kegiatan latihan praktek agar siswa memiliki ketegasan atau ketrampilan yang lebih tinggi dari apa yang telah dipelajari”.
Pembenaran : Menurut Sucipto (  2009) ” Metode praktik merupakan metode mengajar dimana siswa melaksanakan kegiatan latihan praktik agar siswa memiliki ketegasan atau ketrampilan yang lebih tinggi dari apa yang telah dipelajari”.
b.      Kesalahan : Dari penjelasan tersebut menyatakan bahwa metode praktek merupakan metode dimana siswa dituntut untuk mengaplikasikan sebuah teori-teori kedalam suatu kegiatan latihan yang nyata serta menuntut ketrampian dari para siswa.
Pembenaran : Dari penjelasan tersebut menyatakan bahwa metode praktik merupakan metode dimana siswa dituntut untuk mengaplikasikan sebuah kedalam suatu kegiatan latihan yang nyata serta menuntut ketrampian dari para siswa.
c.       Kesalahan : Metode Kerja Praktik.
Pembenaran : Metode Kerja Praktik
d.      Kesalahan : Sifat metode praktek adalah pengembangan keterampilan.Pengalaman praktik sangat penting pada pelajaran yang   memerlukan   ketrampilan motorik.
e.       Pembenaran : : Sifat metode praktik adalah pengembangan keterampilan.Pengalaman praktik sangat penting pada pelajaran yang   memerlukan   ketrampilan motorik.
f.       Kesalahan : Jadi media asli merupakan dasar dari media yang digunakan dalam kegiatan praktik, karena kegiatan praktik pada intinya memberikan sebuah bukti nyata dari sebuah konsep, maka media yang mempunyai sebuah bentuk, ukuran, berat, warna dan keasliannyalah yang lebih mudah untuk membuktikan teori yang ada.
Pembenaran : Jadi media asli merupakan dasar dari media yang digunakan dalam kegiatan praktik, karena kegiatan praktik pada intinya memberikan sebuah bukti nyata dari sebuah konsep, maka media yang mempunyai sebuah bentuk, ukuran, berat, warna, dan keasliannyalah yang lebih mudah untuk membuktikan teori yang ada.
2.3. Analisis pada Metode Penelitian
a.      Kesalahan : Pengertian angket terstruktur adalah angket tersebut mempunyai sifat tegas, kongkrit, dan menjawabnya hanya dengan membubuhkan tanda silang (x) pada setiap pilihan jawaban yang dipilih.
Pembenaran : Pengertian angket terstruktur adalah angket tersebut mempunyai sifat tegas, konkret, dan menjawabnya hanya dengan membubuhkan tanda silang (x) pada setiap pilihan jawaban yang dipilih.
b.      Kesalahan : Analisis data dimulai dengan uji normalitas kemudian dilanjutkan dengan uji kesamaan dua varians. 
Pembenaran : Analisis data dimulai dengan uji normalitas kemudian dilanjutkan dengan uji kesamaan dua varian.   
2.4. Analisis pada Hasil Penelitian dan Pembahasan
a.      Kesalahan :  Data nilai hasil belajar siswa yang praktikum dengan model hand on dengan yang berpraktikum simulasi dapat dilihat pada tabel hasil belajar siswa berikut:
Pembenaran : Data nilai hasil pembelajaran siswa yang praktikum dengan model hand on dengan yang berpraktikum simulasi dapat dilihat pada tabel hasil belajar siswa berikut:
2.5. Analisis pada Simpulan dan Saran
a.      Kesalahan : .....simulasi komputer dengan hand on pada siswa kelas x sman 1 seputih agung semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010,....
Pembenaran : .....simulasi komputer dengan hand on pada siswa kelas X SMAN 1 Seputih Agung semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010,...

2.6. Analisis pada Daftar Tabel
a.       Kesalahan : 1. desain penelitian................................................    26
Pembenaran : 1. Desain penelitian............................................    26
2.7. Analisis pada Sanwacana
a.       Kesalahan : Alhamdulillah, puji syukur atas kehadirat Allah swt. karena kasih sayang dan.....
Pembenaran : Alhamdulillah, puji syukur atas kehadirat Allah swt. Karena kasih sayang dan.....












BAB III
PENUTUP


3.1 Kesimpulan

            Adapun kesimpulan dari makalah ini adalah :
  1. Ejaan adalah sebuah ilmu yang mempelajari bagaimana ucapan atau apa yang dilisankan oleh seseorang dapat ditulis dengan perantara lambang-lambang atau gambar-gambar bunyi.
b.      Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) adalah ejaan bahasa Indonesia yang berlaku sejak tahun 1972. Ejaan ini menggantikan ejaan sebelumnya, Ejaan Republik atau Ejaan Soewandi.
  1. Dalam penggunaan EYD, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan, yaitu ejaan dalam peristilahan, penyesuaian ejaan, tanda baca, pemenggalan kata, penulisan huruf kapital dan huruf miring, serta penulisan kata.

  1. Dari skripsi yang saya analisis, terdapat kesalahan EYD yang terdiri dari pemakaian huruf kapital, penulisan kata, pemakaian tanda baca, khususnya tanda koma, dan kalimat yang tidak efektif.

  1. Dari skripsi yang saya analisis, kesalahan-kesalahan EYD terdapat pada halaman pendahuluan, kerangka teoritis, metode penelitian, hasil penelitian dan pembahasan, simpulan dan saran, daftar tabel dan sanwacana.






3.2       Saran
Adapun saran yang dapat saya berikan untuk masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda adalah sebagai berikut.

  1. Sebagai generasi muda, kita harus membiasakan diri untuk menggunakan bahasa secara baik dan benar yang sesuai dengan Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan (EYD) dalam berkomunikasi satu sama lain, terutama dalam acara-acara formal.

  1. Bagi genaresi muda, khususnya para mahasiswa, sebaiknya terus menambah pengetahuan mengenai tata cara penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, baik dalam bentuk bahasa lisan maupun tulisan.

  1. Kami menghimbau agar masyarakat Indonesia dapat memberikan kontribusinya dalam pengembangan bahasa Indonesia sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki.













DAFTAR PUSTAKA

Nugroho, Joko. 2011. Perbandingan Hasil Belajar  Fisika  Siswa  yang Raktikum Melalui Simulasi  Komputer  dengan  Hand On  pada  Siswa  Kelas X SMAN 1 Seputih  Agung  Semester  Ganjil  Tahun  Pelajar  2009/2010. Bandar Lampung: Universitas Lampung
Suyanto, Edi. 2011. Membina, Memelihara, dan Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Benar. Yogyakarta: Ardana Media.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar